Rabu, 17 April 2013

CONTOH PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN










Disusun oleh :
Nama       : Kurniasih
Kelas        : XII KP



SMK NU MA’ARIF MARGASARI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN KEPERAWATAN
Jln.Raya Selatan Margasari, Kab.Tegal 52463 Telp(0283)3466055
Tahun 2012/2013












LEMBAR PENGESAHAN

Proposal ini kami buat untuk persyaratan mengukuti ujian praktek sekolah yang akan dilaksanakan pada :


Hari                 :          
Tanggal           :          



    Penguji I,                                                                                 Penguji II,



……………………….........                                                   ……………………………..





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta kekuatan sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini dengan judul “@SEAS WARNET”.
Terwujudnya proposal kewirausahaan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak yang telah mendorong dan membimbing penulis, baik tenaga, ide-ide, maupun pemikiran.
Semoga segala bantuan yang tidak ternilai harganya ini mendapat imbalan di sisi Allah SWT sebagai amal ibadah, Amin.Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik saran yang membangun dari berbagai pihak sangat penulis harapkan demi perbaikan-perbaikan ke depan. Amin Yaa Rabbal ‘Alamiin.



Margasari,                                 2013
Penyusun,


Kurniasih







DAFTAR ISI

Halaman Judul ...............................................................................................................
Lembar Pengesahan .......................................................................................................
Kata Pengantar ..............................................................................................................
Daftar Isi ........................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang .......................................................................................
2.      Tujuan ....................................................................................................
3.      Visi & misi .............................................................................................
BAB II : ASPEK PRODUKSI
1.      Kebutuhan SDM ....................................................................................
2.      Rencana Lokasi Usaha ...........................................................................
BAB III : ASPEK KEUANGAN
1.      Modal Usaha ..........................................................................................
2.      Modal Cadangan ...................................................................................
3.      Perkiraan Rugi & Laba ..........................................................................
4.      Jangka waktu pengembalian kridit ........................................................  
BAB IV :ASPEK PEMASARAN
1.      Segmentasi Pasar ...................................................................................
2.      Target Pasar ...........................................................................................
BAB V :  PENUTUP
1.      Kesimpulan ............................................................................................
2.      Saran ......................................................................................................









BAB I
PENDAHULUAN

1.    Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/ skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada.
Melihat tren masyarakat saat ini dan mendatang yaitu makin tingginya jumlah pengakses internet terutama kalangan pelajar dan mahasiswa, maka kami mengusulkan pendirian usaha untuk menangkap tren tersebut menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.
2.    Tujuan
a.       Tujuan sosial :
  • Menciptakan lapangan kerja
  • Memberikan pendidikan IT kepada pelajar dan masyarakat sekitar
b.      Tujuan Komersial :
  • Mendapatkan profit.
Visi :
Menumbuhkembangkan wirausaha baru yang mandiri dan berpendidikan tinggi.
Misi  :
Ø  Menumbuhkan motivasi berwirausaha dikalangan mahasiswa
Ø  Membangun sikap mental berwirausaha yaitu percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi meraih suatu cita-cita, dan pantang menyerah.
Ø  Meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa khususnya sense of bussiness
Ø  Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Ø  Membangun jejaring bisnis (networking) antara pelaku bisnis.















BAB II
ASPEK PRODUKSI

1.      Kebutuhan SDM
Untuk mendirikan warnet dibutuhkan tenaga ahli antara lain :
·         Konsultan warnet
·         Tenaga ahli listrik
·         Tenaga ahli networking
·         Tenaga ahli komputer
·         Marketing
·         Operator warnet
Dari uraian kebutuhan SDM diatas, kami akan memenuhi semua kecuali operator warnet, kami hanya mencari dan mentraining operator warnet, sedangkan untuk honor warnet diambil dari biaya operasional warnet bulanan. Jadi untuk pekerjaan tersebut diatas (kecuali operator warnet) tidak diperlukan biaya jasa lagi.

2.      Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memeuhi syarat sebagai berikut :
·         Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·         Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·         Lokasi berdekatan dengan perpustakaan atau toko buku.
·         Lokasi berada ditengah kawasan.penduduk.





BAB III
ASPEK KEUANGAN

1. Modal Usaha
No
Nama Barang
Harga
Jumlah
Jumlah Total
1
Seperangkat Komputer (operator)
Rp. 2.100.000
1
Rp. 2.100.000
2
Seperangkat Komputer (Client)
Rp. 1.900.000
10
Rp. 19.000.000
3
Meja Lesehan
Rp. 110.000
10
Rp. 1.100.000
4
Meja Operator
Rp. 230.000
1
Rp. 230.000
5
Karpet
Rp. 20.000
20m
Rp. 20.000
6
Speaker Simbada
Rp. 250.000
1
Rp. 250.000
7
Printer Epson R230
Rp. 1.600.000
1
Rp. 1.600.000
8
Perlengkapan listrik
Rp. 200.000
-
Rp. 200.000
9
Modem ADSL 2+
Rp. 700.000
1
Rp. 700.000
10
Switch/hub D-link 24port

Rp 175.000
1
Rp 175.000
11
Spanduk
Rp. 90.000
1
Rp. 90.000
12
AC PANASONIC CS-PC5JKJ
Rp. 2.165.000
2
Rp. 4.230.000
13

Sewa tempat 1 Tahun
-
Rp. 5.000.000
14
Biaya Akomodasi
Rp. 200.000
15
Lain lain
Rp. 225.000
TOTAL
Rp. 35.500.000







                              
2. Modal Cadangan

No.
Nama
Harga
Jumlah
Jumlah Total
1.
Dana Cadangan Piutang
Rp. 1.700.000
2
Rp. 3.400.000
2.
Dana Tidak Terduga


Rp. 1.100.000

Total
Rp. 4.500.000
Total Modal
Rp. 40.000.000

3.    Perkiraan Rugi & Laba

Perkiraan Pemasukan Minimal Perbulan
Penggunaan Warnet perhari, perkomputer masing-masing 7 jam / hari. Maka pemasukan dari warnet itu Perhari dapat dihitung :
  • 10 komputer x 10 jam x Rp 2500/jam = Rp. 250.000 / hari
  • Maka pemasukan dari warnet itu Pebulan dengan asumsi 30 hari dapat dihitung :
30 hari x Rp. 250.000/ hari = Rp. 7.500.000/ bulan

Perkiraan Pengeluaran Perbulan
  • Listrik dan air : Rp. 1.500.000
  • Gaji 3 orang pegawai : Rp. 2.100.000
  • Speedy : Rp. 710.000
  • Kertas : Rp. 40.000
  • Lain lain : Rp. 150.000
Total Pengeluaran : Rp. 4.500.000

Laba Bersih
Laba = Pemasukan - Pengeluaran
Rp. 7.500.000 Rp. 4.500.000 = Rp. 3000.000


4. Jangka waktu pengembalian kridit
·         Dengan pinjaman 40 jt di tamabah dengan bunga 2% setiap bulanya setiap bulanaya untuk jangka waktu 24 bulan : Rp 1700.000
·         Laba Bersih yang di hasilkan tiap bulanya Rp. 3000.000
·         Itu sudah saya anggarkan ke dalam dana perhitungan aman yang diambil dari keuntungan laba minimal setiap bulanaya
·         Pemilik masih memiliki untung bersih Rp 1300.000 pada 2th pertama







BAB IV
ASPEK PEMASARAN

1. Segmentasi Pasar
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer dan internet.
Kami akan menjalankan kembali organisasi yang bergerak dibidang teknologi informasi yang akan menghimpun mahasiswa yang mempunyai keahlian dibidang komputer. Dengan strategi ini, kami menargetkan bisa mendapatkan tenaga freelancer untuk mempromosikan bisnis ini, aset untuk tenaga pengajar dan dapat mengerjakan proyek-proyek IT.

2.Target Pasar
 Target pelanggan warnet adalah pelajar/mahasiswa dan masyarakat  disekitarnya. Mereka adalah pengguna internet dalam frekuensi tinggi.










BAB V
PENUTUP

1.Kesimpulan
Disamping itu internet juga merupakan salah satu sarana praktek untuk memperkenalkan siswa dengan dunia teknologi maju dan sebagai media untuk pengajaran. Internet bukan hanya membuka wawasan regional tetapi sudah go international dengan pulsa lokal, biarpun berkomunikasi dengan luar negeri. Disamping sebagai alat media bisa juga memperkenalkan keunggulan sekolah, surat menyurat (email), berbicara dengan orang lain (teleconfrence), saling tukar pikiran (chating) dll, maka sekarang ini disekolah sudah harus ada fasilitas tersebut yang biasa disebut dengan warnet.

2.Saran
         Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih












BIODATA PERUSAHAAN


1.Nama & alamat Perusahaan
Ø  Nama Perusahaan                    : @SEAS WARNET
Ø  Alamat Perusahaan                 : Jln.Anggrek No.1 Margasari
Ø  No.Telp/HP                             : 087730878378

2.Nama & Alamat  Pemilik
Ø  Nama Pemilik                          : Kurniasih
Ø  Alamat Pemiik                        : Jln.Delima No.22 Margasari
Ø  No.Telp/HP                             : 083844375333